Microsoft akhirnya ‘bunuh’ versi lama Internet Explorer

Capsa Online – Internet Explorer memang sudah tidak ada gaungnya lagi. Setelah browser keren mulai bermunculan, seperti Mozilla Firefox, Chrome, atau UC Browser, keberadaan Internet Explorer seakan tak ada lagi gunanya.

Karena sudah tenggelam, Internet Explorer versi 8, 9, dan 10 mencapai akhir kehidupan pada hari Selasa minggu depan. Seperti dilansir dari The Next Web, pada tanggal 12 Januari 2016 nanti, Internet Explorer 8, 9, dan 10 milik Microsoft ini resmi akan dilepas oleh Microsoft sendiri.

Pada tanggal tersebut akan ada sebuah patch untuk pengguna Internet Explorer agar mereka mengupgrade ke browser modern, seperti Internet Explorer versi 10 ke atas.

Namun bukan berarti tidak bisa digunakan lagi. Internet Explorer versi lama masih bisa digunakan, tetapi tidak akan menerima keamanan lebih atau upgrade fitur-fitur baru, yang berarti penggunanya akan rentan virus dan hacker.

Sebenarnya ini bukan berita yang mengejutkan, mengingat Microsoft telah mengumumkan sejak Agustus 2014 bahwa versi lama Internet Explorer tidak akan lagi memperoleh upgrade dan pemberitahuan dari Microsoft. Namun, Internet Explorer masih banyak digunakan, dan ada ratusan juta pengguna yang menggunakan versi lama.

Sementara Internet Explorer ditinggalkan, Microsoft tidak tinggal diam saja. Sejak beberapa bulan yang lalu, Microsoft telah menyiapkan browser terbarunya, yaitu Microsoft Edge, yang lebih cocok untuk fitur web modern saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *