5 Cara Membuat Laptop Bebas Dari Serangan Virus Dan Trojan (Part 2)

Berita Gadget Terkini5 Cara Membuat Laptop Bebas Dari Serangan Virus Dan Trojan (Part 2) Komputer telah menjadi salah satu kebutuhan penting di era digital seperti sekarang ini. Kehadiran perangkat komputer telah banyak membantu manusia dalam berbagai hal. Namun, komputer pun memiliki masalah tersendiri, yaitu sifatnya yang rentan terhadap serangan berbagai virus dan malware atau trojan.

Saat ini ada begitu banyak jenis virus, malware, atau trojan. Tapi, banyak pula cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah virus dan malware ini, seperti update sistem operasi, memasangfirewall, memakai antivirus berkualitas, dan lainnya. Nah, kali ini indogadget akan bahas cara yang bisa kalian gunakan untuk amankan komputer dari virus maupun trojan. Ini merupakan kelanjutan dari artikel 5 Cara Membuat Laptop Bebas dari Serangan Virus dan Trojan. Silahan disimak baik-baik ya.

5 Cara Membuat Laptop Bebas Dari Serangan Virus dan Trojan (Part 2)

1. Jauhi Situs-Situs Berbahaya

situs berbahaya

Cara pertama yang bisa kalian lakukan agar komputer kalian bebas dari virus dan trojan adalah mulai menghentikan kebiasaan mengunjungi situs-situs berbahaya yang berpotensi menjadi sumber virus dan trojan. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengetahui situs-situs semacam ini, karena terdapat situs-situs tertentu yang ketika kalian akses, maka browser kalian akan memunculkan pemberitahuan.

Namun, beberapa situs yang tidak diblokir oleh browser kalian juga berpotensi menyimpan virus dan trojan. Khususnya situs-situs dewasa dan situs download bajakan, termasuk Torrent.

2. Gunakan Browser Terpercaya

browser terpercaya

Browser juga bisa menjadi salah satu alat perlindungan komputer kalian dari ancaman virus dan trojan karena pada beberapa browser seperti Chrome dan Mozilla memiliki fitur yang akan memberikan peringatan kalian jika ada situs yang memiliki malware. Selain itu, sebaiknya kalian tidak menggunakan Internet Explorer karena ternyat sangat rentan terhadap serangan para hacker.

3. Lakukan Scanning Rutin dan Scanning Pada Perangkat Eksternal

scanning

Salah satu kebiasaan baik yang wajib kalian lakukan untuk mengamankan komputer kalian dari virus dan trojan adalah melakukan scanning rutin menggunakan antivirus terpercaya. Dengan melakukan scanning rutin, kalian bisa segera mengetahui jika komputer kalian terinfeksi virus dan trojan, kemudian segera mengatasi virus dan trojan tersebut sebelum berkembang dan menggerogoti seluruh sistem komputer kalian.

Selain scanning rutin, kalian juga harus melakukan scanning untuk setiap perangkat eksternal yang masuk ke komputer kalian seperti Flashdisk dan Hard Disk Eksternal, karena media seperti inilah yang sering menjadi sumber penularan virus dan trojan.

4. Lakukan Backup Sistem

backup sistem

Melakukan Backup Sistem pada waktu tertentu akan menjadi tindakan yang bijak, apalagi jika kalin tergolong orang yang sering berselancar di internet. Kalian bisa melakukan backup sistem saat kalian sudah yakin komputer kalian belum terinfeksi virus dan trojan. Jadi, nantinya jika suatu saat komputer kalian terkena virus dan trojan dan file berharga hilang, kalian tinggal melakukan restore sistem.

5. Siapkan User Account Cadangan

user account cadangan

Kebanyakan virus dan trojan membutuhkan hak akses administrator untuk menyerang sistem komputer kalian. Ada baiknya jika kalian menyiapkan sebuah user account tambahan sebagai media untuk berselancar di internet dan user account jenis administrator sebagai pengontrol sistem komputer kalian.

Itulah tadi 5 cara mengamankan komputer (termasuk laptop) kalian dari serangan virus dan trojan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Pesan indogadget, jagalah keamanan komputer kalian dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan seperti yang sudah indogadget jelaskan di atas agar komputer kalian terhindar dari virus dan trojan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *