Home » Apple » 5 Info Penting Seputar Face ID di iPhone X yang Wajib Kamu Tahu

5 Info Penting Seputar Face ID di iPhone X yang Wajib Kamu Tahu

Berita Gadget Terkini5 Info Penting Seputar Face ID di iPhone X yang Wajib Kamu Tahu Apple mengenalkan iPhone X sebagai edisi spesial di tahun ke–10 untuk penjualan iPhone. Fitur baru yang diberikan dan bisa dibilang paling fenomenal dibandingkan iPhone sebelumnya adalah Face ID. Metode keamanan dengan deteksi wajah yang menggunakan pemetaan lewat 30 ribu titik inframerah ini hadir sebagai pengganti Touch ID, sensor sidik jari yang kamu kenal sejak generasi iPhone 5s.

Pastinya kamu punya beberapa pertanyaan seputar Face ID, terutama beberapa hal yang belum diceritakan Apple pada acara Apple Event 2017. Dari beberapa sumber berita, tim MakeMac punya rangkuman berupa 5 info penting seputar Face ID di iPhone X yang akan dijual mulai November mendatang. Simak info lengkapnya ya!

5 HAL PENTING SEPUTAR FACE ID DI IPHONE X

1. FACE ID HANYA MENGENAL SATU WAJAH SAJA

Berbeda dengan Touch ID – bisa mengenali beberapa sidik jari yang kamu daftarkan, Face ID hanya bisa digunakan untuk satu wajah saja. Tentunya ini pilihan yang tepat karena iPhone adalah sebuah ponsel yang dibuat untuk digunakan secara personal.

Fitur Touch ID yang sebelumnya dapat digunakan untuk beberapa sidik jari, sebetulnya diberikan Apple untuk memberikan kamu pilihan pada jari lainnya jika sedang terluka atau mungkin kebiasaan menggunakan tangan kiri dan kanan secara bergantian untuk memegang iPhone. Ya, bukan mendaftarkan jari orang lain seperti pasangan kamu atau mungkin kerabat dekat lainnya.

2. PENGEMBANGAN FACE ID SUDAH BERLANGSUNG BEBERAPA TAHUN

Jika kamu beranggapan Apple meniru kompetitor lain dalam hal menghadirkan keamanan baru lewat fitur deteksi wajah, silakan berpikir ulang. Teknologi Face ID dan CPU A11 Bionic dari Apple sudah dipersiapakan selama lebih dari setahun untuk menjamin hasilnya secara maksimal. Beragam sensor, teknologi Machine Learning, Neural Networks dan banyak hal canggih lainnya dibuat Apple untuk memastikan Face ID dapat bekerja dengan cepat, aman dan lancar.

3. FACE ID + KACAMATA = TIDAK MASALAH

Dalam Apple Event September 2017, Apple menjelaskan bahwa Face ID dapat mengenali wajah kamu dalam beberapa situasi dan juga mendukung algoritma untuk perhitungan perubahan wajah karena bertambahnya usia. Apple juga menjelaskan bahwa penggunaan aksesoris untuk wajah dan juga kepala, tidak akan mengganggu kinerja Face ID. Misalkan kamu menggunakan topi, memanjangkan kumis, jambang atau mungkin menggunakan kain syal di leher. Bahkan pengguna iPhone yang memiliki saudara kembar identik juga tidak akan menyebabkan Face ID kebingungan dalam memilih pemilik sebenarnya. Face ID juga tidak bisa ditipu dengan foto wajah yang dicetak dalam resolusi tinggi atau bahkan topeng yang dibuat oleh seniman dengan hasil yang sangat mirip.

Dalam sebuah email, Craig Federigihi juga menjelaskan bahwa Face ID dapat tetap digunakan saat kamu memakai kacamata hitam. Sensor titik inframerah yang ada di kamera depan iPhone X kabarnya bisa menembus hampir semua jenis kacamata hitam dan juga saat kacamata dalam kondisi lensa yang agak kotor. Face ID hanya tidak bisa bekerja jika kamu menggunakan masker yang menutup wajah secara dominan seperti masker operasi atau sejenisnya.

4. MEMATIKAN FACE ID DI KONDISI DARURAT

Craig Federighi juga menjelaskan bahwa pengguna bisa mematikan Face ID dalam keadaan darurat secara cepat. Misalkan kamu dalam kondisi ditodong senjata oleh perampok dan mereka akan segera mengarahkan iPhone X ke wajahmu untuk membuka kuncian. Sebelum hal buruk itu terjadi, pengguna iPhone X bisa segera menekan semua tombol di sisi kiri dan kanan iPhone X (Volume Button dan Side Button) untuk mematikan fitur Face ID. Dengan cara ini lapisan keamanan berikutnya akan tampil di layar yaitu Passcode Lock.

5. FITUR FACE ID DILARANG UNTUK APLIKASI DENGAN BATASAN USIA 13 TAHUN KE BAWAH

Sudah membaca catatan baru dari MakeMac mengenai update App Review Guidelines dari Apple? Dalam catatan itu sudah kita bahas bahwa pengembang aplikasi harus memberikan fitur LocalAuthentication untuk aplikasi dengan penggunaan facial recognitionsebagai cara autentifikasi akun. Fitur autentifikasi alternatif alias tidak dapat menggunakan Face ID, wajib diberikan jika aplikasi ini menggunakan batasan usia pengguna di bawah 13 tahun.

PUNYA PERTANYAAN LAIN SEPUTAR FACE ID?

Dari beberapa info tadi, mana saja yang baru kamu tahu seputar Face ID? Atau mungkin kamu masih punya pertanyaan lain untuk Face ID di iPhone X? Silakan tulis di kolom komentar dan akan tim MakeMac coba cari infonya dan update di artikel ini ya!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmailby feather

Check Also

Resmi Dirilis Ini Spesifikasi dan Harga Moto Green Pomelo

Berita Gadget Terkini – Resmi Dirilis Ini Spesifikasi dan Harga Moto Green Pomelo Mendengar nama smartphone …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by keepvid themefull earn money