Home » Berita Terkini » 6 Cara Mencegah Hard Disk Laptop Rusak atau Bad Sector

6 Cara Mencegah Hard Disk Laptop Rusak atau Bad Sector

Berita Gadget Terkini – 6 Cara Mencegah Hard Disk Laptop Rusak atau Bad Sector Sebagaimana pentingnya peran CPU dan GPU dalam memberikan performa kencang, hard disk juga merupakan komponen penting yang ada dalam laptop atau PC. Tanpa hard disk, kamu jelas akan kesulitan menyimpan data.

Mengingat pentingnya hard disk, maka kamu harus mencegah hard disk laptop kamu rusak atau bad sector. Makanya kamu harus lakukan langkah-langkah khusus untuk mencegah hard disk rusak.

Cara Mencegah Hard Disk agar Tidak Bad Sector

Banyak penyebab fisik yang membuat hard disk rusak atau bad sector, seperti benturan. Tapi ada juga penyebab dari sisi software, seperti virus. Untuk mencegah hard disk rusak, coba lakukan langkah-langkah berikut:

1. Jangan Matikan Laptop Tanpa Shutdown

Saat kamu memilih shutdown, laptop akan menyimpan semua proses yang kamu jalankan ke dalam hard disk. Jika kamu tiba-tiba saja menghentikan kinerja hard disk tanpa shutdown, hard disk jadi kaget dan akan memberikan kerusakan pada silinder hard disk.

cara-mencegah-hardisk-bad-sector-6

Selain itu, jika kamu sering mematikan laptop tanpa shutdown, registry jadi berantakan. Hal ini akan membuat performa hard disk jadi melemah dan berisiko merusaknya.

2. Rutin Defrag Hard Disk

Proses penggunaan aplikasi, browsing, membuat dan membuka dokumen kadang membuat beberapa file jadi terpecah/defrag ke hard disk. Untuk solusinya, kamu bisa melakukan defrag hard disk.

cara-mencegah-hardisk-bad-sector

Defrag hard disk penting dilakukan agar performa hard disk laptopmu tetap kencang. Agar semakin optimal dan tidak merusak hard disk kamu, baca artikel Cara Defrag Hard Disk yang Baik dan Benar.

3. Partisi Hard Disk

Saat kali pertama menginstal sistem operasi pada laptop, kamu selalu diminta membuat partisi. Partisi ini sangatlah penting untuk mencegah hard disk laptop kamu rusak.

cara-mencegah-hardisk-bad-sector-2

Dengan adanya partisi di hard disk, maka kamu akan lebih bijak menggunakannya saat menginstal aplikasi atau menyimpan data. Jangan biarkan hard disk penuh, karena risiko penurunan performa akan semakin cepat saat hard disk penuh.

4. Hindari Benturan dan Guncangan

cara-mencegah-hardisk-bad-sector-3

Setelah bicara dari segi teknis, untuk melindungi hard disk laptop agar tidak cepat rusak adalah dengan menjaganya agar tidak terbentur. Guncangan dan benturan akan membuat komponen laptop jadi terganggu, termasuk hard disk. Untuk itu, selalu simpan laptop di tempat yang aman dari goncangan kencang.

5. Hindari Pake Laptop di Atas Kasur

Selama digunakan, prosesor dan VGA laptop kamu jadi panas. Panas permukaan laptop akan tersimpan dan tidak mengalir kalau kamu menggunakannya di permukaan kasur. Dampaknya, komponen di dalam laptop kamu akan overheat.

cara-mencegah-hardisk-bad-sector-4

Suhu panas yang berlebih akan memicu komponen dalam laptop jadi cepat rusak, termasuk hard disk. Maka dari itu, baiknya gunakan laptop di permukaan datar seperti meja, atau gunakan USB cooling pad untuk membuang panas yang dihasilkan.

6. Pasang Antivirus

cara-mencegah-hardisk-bad-sector-5

Bukan hanya karena masalah pengoperasian saja, hard disk juga bisa rusak karena serangan virus. Untuk mencegah serangan virus ini, coba instal antivirus komputer terbaik di laptopmu.

Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hard disk laptop rusak atau bad sector. Nggak mau kan harus ganti laptop baru gara-gara hard disk rusak? Makanya selagi belum rusak, ayo cegah dengan langkah-langkah di atas!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmailby feather

Check Also

Yaay! Inilah 5 Hp yg Cocok Untuk Gamers

Berita Gadget Terkini – Yaay! Inilah 5 Hp yg Cocok Untuk Gamers Bermain game merupakan aktifitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by keepvid themefull earn money