Home » Berita Terkini » 6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting!

6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting!

Berita Gadget Terkini – 6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting! Perkembangan smartphone saat ini sangatlah pesat. Para produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat smartphone terbaru. Bahkan hampir setiap bulan selalu ada smartphone baru yang keluar di pasaran.

Namun, banyaknya pilihan merek dan produk smartphone pastinya akan membuat bingung para pemula untuk memilih smartphone yang akan mereka beli. Nah, karena itu kali ini Jaka akan memberikan beberapa tips untuk pemula yang akan membeli smartphone. Mau tahu? Simak selengkapnya yuk!

6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting!

1. Tentukan Biaya untuk Pembelian Smartphone

dana untuk smartphone

Dana untuk membeli smartphone adalah hal yang paling penting. Meskipun bagi beberapa orang dana untuk smartphone bisa menyesuaikan, ada baiknya kamu memperkirakan dana yang akan dikeluarkan.

Berapa kisaran dana yang akan dikeluarkan untuk membeli sebuah smartphone? Kamu bisa memperkirakan dana semisal antara Rp2.000.000 sampai dengan Rp3.500.000.

2. Tentukan Fungsi Utama Smartphone yang Akan Digunakan

Smartphone untuk bermain game

Banyak sekali orang tidak mengerti fungsi keunggulan dari smartphone yang akan mereka beli. Mereka hanya tergiur dengan spesifikasi tinggi, tetapi tidak mengerti fungsi utama atau keunggulan smartphone tersebut. Sebagai contoh, smartphone bermerk Oppo ataupun Vivo memiliki fungsi utama atau keunggulan di sektor kamera, namun kurang dalam sektor kekuatan kinerja berat semisal untuk bermain game.

Sedangkan ada beberapa smartphone produksi Xiaomi yang mengunggulkan kinerja berat sehingga cukup ringan jika digunakan untuk bermain game, tetapi kurang baik dari sektor kamera. Ada pula smartphone standar yang hanya memiliki kualitas seadanya yang biasa digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan ringan seperti smartphone produksi Samsung, Huawei, Asus, Acer, dan lain-lain.

3. Kenali Jenis Smartphone

premium smartphone

Kamu juga harus mengetahui jenis-jenis smartphone yang ada di pasaran. Maksud dari jenis-jenis ini adalah smartphone tersebut adalah smartphone low-end, mid-end, atau high-end.

Low-end berarti smartphone tersebut untuk kalangan bawah dengan harga sangat murah. Mid-end untuk kalangan menengah dengan harga yang tidak terlalu murah, tetapi juga tidak terlalu mahal. Sedangkan high-endatau sering disebut flagship adalah smartphone premium untuk kalangan atas dengan harga yang mahal. Pembagian jenis-jenis tersebut juga menentukan kualitas dari smartphone tersebut.

4. Tentukan Spesifikasi Smartphone yang Akan Digunakan

spesifikasi smartphone

Menentukan smartphone yang akan digunakan cukup penting. Minimal kamu harus mengetahui prosesor(dualcore, quadcore, ataupun octacore), besaran RAM dan memori internal, jaringan sinyal (2G, 3G, ataupun 4G), slot SIM card (single SIM, dual SIM ataupun hybrid), dan ukuran kamera (8 MP, 12 MP, 16 MP ataupun 20 MP).

Tentukan spesifikasi mana yang akan kamu pilih. Jangan sampai karena memilih spesifikasi yang rendah, tetapi penggunaan kamu berat sehingga smartphone jadi sering error. Atau malah kamu memilih spesifikasi tinggi tetapi penggunaan biasa-biasa saja dan membuat fungsi smartphone kurang maksimal.

5. Cari Review Tentang Smartphone yang Akan Dibeli

Review smartphone di youtube

Setelah menentukan smartphone yang akan kamu beli, lebih baik kamu mencari review tentang smartphone pilihanmu itu. Kamu bisa mancari review di internet ataupun menanyakan kepada kenalan yang menggunakan smartphone yang sama.

6. Tanyakan Garansi Pada Penjual

garansi

Setelah mantap dengan smartphone yang kamu pilih dan akan membelinya, jangan lupa tanyakan garansi smartphone yang akan kamu beli. Sebab zaman sekarang ada bermacam-macam garansi. Bila tidak hati-hati, maka kamu akan dirugikan.

Sebagai contoh, ada garansi toko yang merupakan garansi dari toko penjual smartphone tersebut. Biasanya ada tukar unit bila terjadi masalah setelah pembelian, klaimnya pun cukup mudah, tergantung kebijakan dari penjual smartphone tersebut. Garansi resmi merupakan garansi nasional yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Ini adalah garansi yang bisa dibilang aman bila kamu membeli smartphone, sebab cukup mudah untuk klaim garansi.

Ada pula garansi distributor, yaitu garansi dari perusahaan pengimpor smartphone. Garansi ini yang banyak diberlakukan pada smartphone sekarang ini. Klaim garansi ini memerlukan waktu yang cukup lama, paling cepat bisa 1 bulan dan paling lama bisa berbulan-bulan.

Itulah beberapa tips untuk para pemula yang ingin membeli smartphone, yang saat ini semakin banyak pilihannya di pasaran. Setelah membaca artikel ini semoga kamu tidak salah membeli smartphone sesuai kebutuhan ya!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmailby feather

Check Also

Resmi Dirilis Ini Spesifikasi dan Harga Moto Green Pomelo

Berita Gadget Terkini – Resmi Dirilis Ini Spesifikasi dan Harga Moto Green Pomelo Mendengar nama smartphone …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by keepvid themefull earn money