Home » Berita Terkini » 7 Cara Membuat Foto Bokeh di Kamera Smartphone Android

7 Cara Membuat Foto Bokeh di Kamera Smartphone Android

Berita Gadget Terkini 7 Cara Membuat Foto Bokeh di Kamera Smartphone Android Belakangan ini foto bokeh atau foto dengan background blursedang banyak diminati oleh banyak kalangan. Para netizen pun ramai-ramai mem-posting ke sosial media foto bokeh yang dulunya hanya bisa dibuat di kamera profesional ini.

Kini dengan smartphone berteknologi dual kamera, kamu dapat dengan mudah membuat foto bokeh. Tapi buat kamu yang hanya memiliki smartphone dengan sebuah kamera, inilah 7 cara membuat foto bokeh di kamera smartphone Android.

7 Cara Membuat Foto Bokeh di Kamera Smartphone Android

1. Mendekatlah dengan Objek Foto

Mendekatlah dengan Objek Foto

Sebuah foto bokeh memiliki fokus terhadap satu objek yang umumnya memenuhi frame. Makanya dalam melakukannya, kamu wajib mendekat dengan objek foto yang hendak dipotret. Yang diatur adalah jarak kamera, bukan zoom ya!

Pastikan jarak kamera dengan objek foto setidaknya 1,5-2,5 meter. Kemudian setelah mendekat, pastikan kembali kamu meletakkan objek utama foto berada di bagian paling depan frame atau pada posisi foreground.

2. Atur Jarak Objek Foto dengan Background

Atur Jarak Objek Foto dengan Background

Setelah mengatur jarak kamera dengan objek foto, kamu harus kembali mengatur jarak objek dengan background. Hindari background yang terlalu dekat seperti tembok dan sebagainya. Konsepnya semakin jauh jarak background, semakin blur foto bokeh yang dapat kamu hasilkan.

3. Hindari Banyak Objek Foto dan Background Ramai

Hindari Banyak Objek Foto dan Background Ramai

Untuk memaksimalkan foto bokeh, kamu harus menghindari terlalu banyak objek yang berada dalam frame foto. Mudahnya, mode potrait untuk membuat foto bokeh hanya akan bekerja jika semua objek berada dalam posisi yang sejajar.

Jika kamu hendak foto bersama teman-teman, kamu pun hanya bisa melakukannya dengan grup yang berjumlah kecil saja guys. indogadget menyarankan kamu mengambil foto bersama 2-3 orang saja untuk menghasilkan foto bokeh terbaik.

4. Tap Objek dan Gunakan Fokus Manual

Tap Objek dan Gunakan Fokus Manual

Demi mendapatkan hasil terbaik, sebelum melakukan pemotretan kamu wajib mengatur fokus pada objek foto. Kamu bisa melakukan tap pada wajah maupun objek yang berada di foreground. Jika berada di kondisi cukup terang, jangan lupa untuk mengatur jumlah exposure guys.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitus fokus manual yang tersedia pada beberapa kamera loh. Dengan fitur ini kamu pun bisa mengatur tingkat blur dan jarak fokus kamera smartphone pada objek.

5. Ingatlah Komposisi Rule of Third

Ingatlah Komposisi Rule of Third

Salah satu unsur penting dalam membuat foto bokeh terbaik adalah mengatur komposisi. Meletakkan objek foto di posisi yang tepat dapat membuat foto yang dihasilkan semakin dramatis dengan background blur.

Komposisi yang biasa digunakan para fotografer adalah rule of third. Untuk mengikutinya, kamu bisa mengaktifkan grid pada layar sebagai acuan. Tempatkan objek pada garis vertikal baik di sisi kanan atau kiri, dan sisakan background pada sisi sebaliknya.

6. Pakai Fitur Lens Blur di Google Camera

Pakai Fitur Lens Blur di Google Camera

Selain kelima cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Lens Blur yang ada pada aplikasi Google Camera. Untuk menggunakan mode ini, kamu harus berjarak 1,5 meter dari objek lalu mengambil foto dengan menggerakkan smartphone ke atas secara perlahan.

Mode Lens Blur dapat kamu lakukan dengan mudah walaupun tanpa menggunakan smartphone dual kamera. Walaupun hasilnya belum terlalu sempurna, sudah cocok kok buat dibagikan di sosial media.

7. Gunakan Aplikasi Editing Foto Bokeh

Gunakan Aplikasi Editing Foto Bokeh

Smartphone saat ini sudah dibekali spesifikasi kamera cukup canggih, bahkan beberapa di antaranya bisa menandingi kamera profesional. Untuk membuat foto background blur menakjubkan, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi loh.

Di Google Play Store, kamu bisa menginstall beberapa aplikasi edit foto bokeh, seperti AfterFocusPicsArt atau Lens Blur. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu guys.

Akhir Kata

Nah itulah 7 cara membuat foto bokeh dengan kamera smartphone Android. Tapi ingat ya, untuk membuat foto background blur nggak hanya cukup sekali atau dua kali percobaan guys. Butuh latihan yang banyak untuk menghasilkan foto menakjubkan. Selamat mencoba!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedintumblrmailby feather

Check Also

Yaay! Inilah 5 Hp yg Cocok Untuk Gamers

Berita Gadget Terkini – Yaay! Inilah 5 Hp yg Cocok Untuk Gamers Bermain game merupakan aktifitas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Powered by keepvid themefull earn money