Rencana NASA membangun rumah es di Mars

rencana-nasa-membangun-rumah-es-di-mars

INDOGADGET.web.id –┬áMars, anggota Tata Surya yang telah lama diincar sebagai tujuan perjalanan manusia, nantinya akan memiliki rumah-rumah yang bisa ditempati layaknya rumah di Bumi. Itu bisa terjadi jika keinginan NASA untuk mengirim astronaut ke Planet Merah itu pada 2030 berjalan sesuai rencana.

NASA, badan antariksa dan aeronautika Amerika Serikat, tengah menyiapkan tempat tinggal bagi para astronaut di Mars yang dinamakan “Mars Ice Home” (Rumah Es Mars).

Dituturkan Huffingtonpost, Minggu (1/1/2017), bangunan berteknologi rendah ini akan melindungi astronaut dari radiasi sinar kosmik yang sangat berbahaya serta suhu yang ekstrem.

Baru-baru ini, para peneliti mengatakan Mars memiliki cadangan es beku di bawah permukaannya, hampir sama seperti Danau Superior, danau terluas di Amerika Utara. Itulah alasan peneliti akan mendirikan bangunan berbentuk kubah tersebut di Mars nanti.

“Setelah seharian mengidentifikasi kebutuhan, tujuan, dan hambatan, kami dengan cepat memeriksa banyak ide gila yang out of the box. Akhirnya kami sepakat dengan rancangan Ice Home saat ini karena memberikan solusi rekayasa yang baik,” kata Kevin Vipavetz, ahli sistem senior Pusat Riset Langley milik NASA, dalam siaran persnya (29/12/2016).

NASA menjelaskan, kubah ini hampir sama dengan karet yang ditutupi dengan pelindung lapisan es tebal. Selain itu, desain dari Ice Home ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi konsep menarik.

Ice Home ini memiliki bobot yang ringan sehingga bisa diangkut oleh robot sederhana, kemudian diisi dengan air sebelum astronaut tiba.

Laman ABC (2/1) menjelaskan, sebenarnya jika hanya untuk melindungi para astronaut dari sinar kosmik atau radiasi tinggi bisa membangun rumah bawah tanah, akan tetapi dibutuhkan peralatan atau robot-robot besar untuk membangun rumah tersebut. Ice Home mampu menahan tekanan sangat baik hingga 6,66 kilogram per inci persegi.

Peneliti Sheila Ann Thibeault mengatakan merupakan sebuah tantangan untuk menemukan material yang bisa memberikan perlindungan seperti itu.

“Material yang menyusun Ice Home harus bertahan digunakan selama bertahun-tahun di lingkungan Mars yang keras, termasuk radiasi ultraviolet, radiasi partikel, mungkin juga beberama oksigen atomik, perklorat, dan badai debu,” jelasnya.

Konsep Ice Home ini menyeimbangkan kebutuhan akan perlindungan dari radiasi tanpa harus menjalani hidup seperti di dalam gua. Oleh karena itu NASA akan merancang Ice Home yang cukup tebal namun tetap tembus cahaya.

Salah satu hambatan membangun rumah es di Mars adalah seberapa banyak air yang bisa diambil di planet itu untuk membangunnya. Para ahli memperkirakan para astronaut bisa mengambil sekitar satu kubik meter air per hari. Pada tingkat itu, Ice Home baru akan selesai dalam 400 hari.

Pada Ice Home nantinya akan terdapat ruang yang cukup besar bagi para astronaut untuk menyimpan perlengkapan mereka di dalam dan bisa bekerja tanpa harus mengenakan baju antariksa.

Untuk mengatur suhu dalam ruangan, lapisan karbondioksida akan dipasang antara lapisan es dengan ruangan tempat hidup. Seperti air, karbondioksida juga tersedia di Mars.

Sementara itu, menurut Mirror (2/1), miliarder Elon Musk memiliki rencana sendiri untuk membangun sebuah kota mandiri di Mars pada pertengahan 2060-an, lengkap dengan pabrik besi dan restoran pizza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *